Pemanfaatan Warna Dalam Design Komunikasi Visual


Dalam dunia design pemanfaatan warna yang baik akan mempengaruhi output design yang sangat signifikan yang diperlukan hanya sedikit effort untuk memilih warna yang tepat. mungkin banyak termasuk saya yang bertanya bagaimana memilih atau memadukan warna agar terlihat harmonis. Disini saya melakukan pedekatan sebagai berikut

Warna Berdasarkan Sifat
warna padat dibagi menjadi dua yaitu panas dan dingin, biasanya warna-warna panas dapat memberikan kesan energik dan semangat, sedangkan warna dingin dapat memberikan kesan kalem dan clean. Seperti yang saya sampaikan di atas warna dapat ditentukan dari jenis dan target yang ingin anda sasar agar penggunaan warna menjadi tepat, lakukan research.

Memanfaatkan color wheel
Mungkin sudah banyak yang tau color wheel namun saya ingin menulisnya karena ini sangat membantu saya dalam memilih warna-warna yang harmonis


color wheel merupakan composisi warna yang dibuat berdasarkan perpaduan warna dasar (primary) kemudian ada warna sekunder(secondary) dan tersier (tertiary)

Monochromatic: variasi kepekatan atau konsentrasi warna pada setiap warna misalnya dari pekat ke terang atau sebaliknya
Analog: variasi warna yang bersebelahan dengan warna tersebut
Complementary: warna yang berseberangan dengan warna
Triad: tiga warna yang jaraknya sama persis membentuk segitiga seperti gambar di atas

Warna tidak semata-mata hanya bertujuan untuk membangun kesan, namun ada aspek lain namun dari segi artistik dan aspek marketing patut dipertimbangkan karena kita bertugas menyampaikan pesan, jangan takut untuk berekplorasi dengan warna.

cheersss...