Menjadi bodoh bisa melakukan apa saja

Menjadi Bodoh Bisa Melakukan Apa Saya, mungkin sedikit terkesan kasar, tapi jika kita tengok kebelakang sebentar. Ketika saya masih duduk di bangku SD (SDN 1 Kintamani) yang cuacanya hampir setiap hari dingin karena posisinya cukup tinggi yakni (100 –2.152M  DPL). Selalu di sisipkan dengan quotes-quotes yang sederhana dalam Bahasa Bali "Sepuntul-puntulne tiuk yen terus sangih pasti mangan" kalau di terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia "Setumpul-tumpulnya pisau jika terus diasah pasti tajam" kurang lebih seperti itu artinya, mungkin karena kita masih SD dan masih anak-anak tidak akan paham maksud dan tujuan dari pepatah tersebut, yang ada di benak saya dan teman-teman adalah menunggu lonceng yang terbuat dari velg bekas dan sudah karatan dipukul-pukul menandakan siap-siap untuk istirahat dan bermain, saya akui dan sadari bahwa saya bukanlah siswa yang berprestasi atau pintar dikelas.

Setelah dewasa tiba-tiba saya teringat dengan pepatah tersebut dan mencoba menalaah apa yang dimaksud dan saya selaraskan dengan pengalaman hidup yang terbilang tidak seberapa namun ini akan mengingatkan saya atau mungkin memberikan secercah cahaya yang membaca tulisan saya ini. 

Heran & salut dengan orang-orang sukses.

Ketika saya melihat orang-orang sukses (apapun definisi orang-orang sukses) dengan apa yang mereka lakukan dan hasilkan saya selalu bertanya dalam hati kecil saya, apa yang membuat mereka mencapai semua itu? karena dilihat dari masa lalu mereka entah sekolah, keahlian banyak yang tidak ada kaitannya kalau boleh dibilang justru bertolak belakang. apakah ini kebetulan atau keberuntungan? saya rasa tidak! pada dasarnya mereka melakukan segala upaya untuk mencapai titik tertinggi namun mereka dihadapkan dengan kenyataan bahwa tidak bisa mencapai titik tirtinggi dengan cara-cara yang sama karena ceritanya akan lain, bisa stagnan, jalan di tempat atau turun lagi ke bawah. 

Setelah sekian saya lama menjalani kehidupan yang berliku-liku yang terkadang lurus dan tidak nanjak, untuk mencapai titik tertinggi dalam kehidupan kita harus mempelajari hal-hal baru karena seperti yang saya sampaikan kita tidak bisa melakukan hal yang sama untuk menangani hal-hal yang berbeda. Dalam proses ini tidak cukup dengan membaca buku atau nonton tutorial apapun yang menurut anda dan saya menarik, karena tidak akan meresap bahkan kadang kurang tepat sasaran pada akhirnya kita mudah teralihkan (distracted). 

Saya sering mengalami hal tersebut dengan segala kemudahan mendapat informasi ini kita mudah teralihkan dengan hal-hal yang menurut saya tidak relevan dengan goal yang ingin kita capai. lalu bagaimana menyiasatinya?

Pahami apa yang kita tidak tahu

ini adalah cara untuk menyiasati apa yang harus kita kembangkan dalam mencapai goal kita sendiri, dalam artian kita harus menjadi bodoh karena kalau tidak seperti itu kita tidak akan menerima atau skeptis dengan ilmu-ilmu baru yang mungkin anda tidak ketahui bahwa itu mungkin bermanfaat untuk anda dan kehidupan anda. seperti yang kita pernah lalui di zaman kita masih SD disuruh mengangkat tangan ketika ada yang kurang paham dan percayalah saya tidak pernah angkat tangan karena sibuk menggambar gunung dengan mataharinya dan jalan raya yang diapit sawah di kiri dan kanannya 😂 dengan memahami apa yang kita tidak tahu kita akan mecari semua sumberdaya yang berkaitan dengan apa yang harus kita tingkatkan dan focuskan. gampangnya kalau kita sendiri tidak tahu apa yang menjadi kekurangan kita bagaimana kita bisa memperbaikinya?

Dalam proses belajar perkuat dasarnya

Saya ambil contoh ketika pertama kali saya belajar tentang fotografi di tahun 2006-2007 saya hanya punya satu goal bagaimana membuat foto yang belakangnya ngeblur tanpa memahami bagaimana segitiga exposure bekerja alhasil foto ngeblur semua karena tidak paham dengan elemen-elemen tersebut. itu salah satu cara belajar yang kurang efektif menurut saya jadi saran saya dalam mempelajari hal baru apapun, ilmu dasar merupakan hal yang paling penting menurut saya karena dalam explorasi untuk ke tingkat yang lebih tinggi diperlukan dasar yang kuat dalam bidang apapun.

Kalau sudah sukses?

jika kalian sudah pada titik tertinggi dalam bidang apapun ceritakan apa yang kalian lakukan yang saya maksud adalah prosesnya bukan final produknya dengan bahasa yang lugas agar mudah dipahami oleh orang-orang seperti saya yang bukan bintang di kelas 😃dan pada akhirnya akan ada ilmu-ilmu baru yang bermanfaat buat kita semua.


Stay Hungry. Stay Foolish.