Jangan Salah Gunakan "Work Smart not Hard!"


 

Sering kali saya mendengar istilah "work smart not hard" dan saya adalah orang tidak sependapat dengan istilah ini, karena saya adalah orang yang suka mengerjakan segala hal dengan penuh suka cita, apalagi yang berhubungan dengan DKV maupun Fotografi, dan dimana kreatifitas tidak dibatasi maka saya akan work hard as i can to achieve my goal.

Dua sisi mata uang

Berkeja keras dengan dan bekerja dengan cerdas/pintar/smart, apapun istilahnya bagaikan dua sisi mata uang, kalau kita coba untuk memisahkan salah satu sisi yang tersisa adalah sampah, dan tentunya hal ini membuat orang yang sadar dengan nilai atau value pada benda tersebut, dengan gamblang dan tanpa berpikir banyak akan dianggap sebgai sebuah lembaran kertas tipis dan bahkan tidak ada gunanya.

Jangan Memanfaatkan Kesempatan

Dalam banyak kasus permainan kata-kata ini, sering digunakan untuk mencapai tujuan seseorang tanpa usaha sedikit pun, atau tidak ingin melalui proses yang seharusnya. Ini terjadi bukan tanpa alasan, dan sangat jelas terlihat dimana kejanggalannya, 

  1. Mengambil quote tanpa paham maksudnya
  2. Mengerjakan dari nol sampai selesai
  3. Tidak menhargai proses

1.  Mengambil quote tanpa paham maksudnya

Yang paling umum terjadi adalah mengambil quote dari berbgai sumber, kemudian ditumpahkan kepada orang lain tanpa memahami dampak dan maksud dari quote tersebut, alhasil secara tidak langsung hal ini akan mempengaruhi seseorang untuk menghasilkan hasil yang lebih maksimal.

2. Merjakan dari nol sampai selesai

Dalam membuat sesuatu yang dapat dilihat atau dipegang, memerlukan sebuah usaha yang sepadan dengan hasil akhir yang ingin dicapai. Simple bukan.

3. Tidak menghargai proses

Hasil tidak akan menghianati proses, itu sudah bisa dipastikan akan tepat sekali jika kalian memiliki stadard yang parameternya kalian dapat tentukan sendiri. Saya akan ajak anda menghayal yang indah-indah sedikit, saya akan analogikan seperti ini. Jika dari titik A ke titik B jaraknya 50 meter, maka proses perjalanan yang harus saya lewati jaraknya adalah 50 meter dari sini saya sudah dapat melihat bahwa perjalan 50 meter yang harus ditempuh tidak dapat "dipersingkat" maupun "dikurangi"

Dari ilustrasi di atas tentunya kalian juga sudah bisa memirkirkan action yang perlu diambil untuk menuntaskan task 50 meter ini, kalian bisa menggunakan cara-cara yang menyenangkan, karena pada umunnya kalau sudah menyenangkan tidak ada yang sulit.

Tulisan ini saya buat berdasarkan pengalaman yang saya alami. Jika ada situasi yang mengharuskan kita memotong jarak tempuh dari 50 meter menjadi 1 meter 😁 solusinya "give them what they want" karena mereka tidak punya parameter untuk standard mereka sendiri, think smart 😉

Semoga tulisan ini bermanfaat

Jangan Salah Gunakan "Work Smart not Hard!" Jangan Salah Gunakan "Work Smart not Hard!" Reviewed by Dwija Arsana on January 05, 2022 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.